[SALAH] Video “Atas Perintah Jokowi, Serangan TNI Bumi Hanguskan Australia”

MENYESATKAN. FAKTA: selain sebenarnya hanya berisi pembacaan artikel dengan mengganti “Rusia” menjadi “Indonesia”, video berisi gambar pratinjau (thumbnail) dan potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/VlyV5 (arsip cadangan).

NARASI: “Atas Perintah Jokowi, Serangan TNI Bumi Hanguskan Australia Hingga Tak Tersisa”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: video yang dibagikan selain sebenarnya hanya berisi pembacaan artikel dengan mengganti “Rusia” menjadi “Indonesia”, berisi gambar pratinjau (thumbnail) dan potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Artikel yang dibacakan di video, detikNews pada 25 Feb 2022: “Sekitar 100 ribu orang mengungsi, bahkan kabur ke luar negeri karena khawatir serangan Rusia kian membahayakan nyawa mereka. Korban dari tentara hingga warga sipil terus berjatuhan. Kecaman dari dunia internasional tak juga menghentikan tekad Rusia melancarkan invasi besar-besaran setelah berminggu-minggu lamanya membantah tudingan invasi. Sederetan sanksi pun dijatuhkan ke Rusia meski negara pimpinan Presiden Vladimir Putin itu bergeming tetap melancarkan invasi.” (dengan mengganti bagian tertentu dari artikel, misalnya “Rusia” menjadi “Indonesia”) [2]

Gambar pratinjau yang muncul di video, Military Footage Archive – MFA di YouTube pada 25 Agu 2022: “FINLAND
U.S. Soldiers with 4th Squadron, 10th Cavalry Regiment, 3rd Armored Brigade Combat Team, 4th Infantry Division, participate in Vigilant Fox, a joint exercise alongside Finnish army soldiers, and British soldiers assigned to the 2nd Battalion, Rifles Regiment, at Niinisalo, Finland, July 28, 2022. The 3/4th ABCT is among other units assigned to the 1st Infantry Division, proudly working alongside NATO allies and regional security partners to provide combat-credible forces to V Corps, America’s forward-deployed corps in Europe.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel dengan gambar pratinjau yang identik, Vertical: “Search Results For: Vigilant Fox” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] detik.com: “Situasi Terkini Invasi Rusia ke Ukraina di Hari Kedua”, https://bit.ly/3I2OLne / https://archive.ph/bNFOy (arsip cadangan).

[3] youtube.com, https://bit.ly/3WKRHsy / https://archive.ph/yaxoc (arsip cadangan) & spesifik video yang menggunakan gambar pratinjau di https://bit.ly/3GeFki7 / https://archive.ph/uq6dp (arsip cadangan).

[4] verticalmag.com, https://bit.ly/3I27YoQ / https://archive.ph/tfBRe (arsip cadangan) & spesifik artikel yang menggunakan gambar pratinjau di https://bit.ly/3WqSGOT / https://archive.ph/3MwIB (arsip cadangan).