[SALAH] Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen, Aceh Meminta Bantuan Uang dan Pulsa

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, Bahrul Fazal menyatakan bahwa ia hanya menggunakan satu nomor Handphone untuk akun WhatsApp pribadinya dan ia juga menegaskan apabila terdapat akun WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya dengan meminta berbagai macam hal aneh, maka sudah dipastikan bahwa hal tersebut merupakan modus penipuan.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:

“Akun WhatsApp mengatasnamakan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen, Aceh”.

===

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah informasi tentang adanya akun WhatsApp yang mengatasnamakan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen, Aceh, yaitu Bahrul Fazal M. Puteh terkait permintaan bantuan sejumlah uang dan pulsa.

Namun melansir dari liputangampongnews.id, Bahrul Fazal membenarkan terkait adanya akun WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya serta mencatut fotonya dengan tujuan untuk meminta bantuan uang dan pulsa. Ia pula menyatakan bahwa sasaran korban yang dituju oleh pelaku ialah orang yang ia kenal dan sejumlah Keuchik atau Kepala Desa.

Melansir dari lintasnasional.com, Bahrul Fazal menegaskan bahwa ia hanya menggunakan satu nomor Handphone untuk akun WhatsApp pribadinya dengan nomor 082214330151, sehingga apabila terdapat nomor WhatsApp yang berbeda dengan nomor WhatsApp tersebut namun mengatasnamakan dirinya dan meminta berbagai macam hal yang aneh, maka sudah dipastikan bahwa hal tersebut merupakan modus penipuan.

Atas dasar tersebut, Bahrul Fazal mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan melakukan konfirmasi terlebih dahulu apakah nomor WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya dengan nomor WhatsApp Bahrul Fazal yang sebelumnya sudah diinformasikan ialah nomor yang sama atau berbeda, karena Bahrul Fazal menyatakan bahwa dirinya tidak pernah meminta bantuan sejumlah uang dan pulsa.

Selain itu, Bahrul Fazal juga menyatakan dirinya saat ini akan segera melaporkan hal tersebut ke Polres Bireuen, karena pencatutan namanya untuk meminta sejumlah uang dan dana sudah memakan korban hingga pulahan orang di Kabupaten Aceh.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen, Aceh meminta bantuan uang dan pulsa ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:

https://liputangampongnews.id/berita/detail/heboh-nama-ketua-apdesi-bireuen-dicatut-penipuan
https://www.lintasnasional.com/nama-ketua-apdesi-bireuen-dicatut-penipuan-lewat-whatsapp-puluhan-keuchik-jadi-korban/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto