[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Suara.com “Luhut : Saya yakin rakyat mendukung 3 periode , Yang tidak Mendukung Pasti Aqee Saja.”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, judul artikel yang asli adalah “Warga +62 Merapat! Pak Luhut Bawa Kabar Baik Terkait Pandemi Covid-19 di Indonesia”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Satire/Parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/olWdm

= = = = =

NARASI:
“Luhut : Saya yakin rakyat mendukung 3 periode , Yang tidak Mendukung Pasti Aqee Saja.”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook ラーデン 有谷 グメラール pada 5 April 2022 pukul 16.18 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik Suara.com. Artikel tersebut berjudul “Luhut : Saya yakin rakyat mendukung 3 periode , Yang tidak Mendukung Pasti Aqee Saja.”.

Setelah ditelusuri melalui website Suara.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 04 April 2022 pukul 17.48 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Warga +62 Merapat! Pak Luhut Bawa Kabar Baik Terkait Pandemi Covid-19 di Indonesia”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel kemudian terdapat nama Bimo Aria Fundrika. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Suara.com telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Warga +62 Merapat! Pak Luhut Bawa Kabar Baik Terkait Pandemi Covid-19 di Indonesia” sehingga masuk dalam kategori satire/parodi.

REFERENSI:
https://www.suara.com/health/2022/04/04/174847/warga-62-merapat-pak-luhut-bawa-kabar-baik-terkait-pandemi-covid-19-di-indonesia

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian