Wabup Subandrio Kunjungi Langsung 100 Orang Warga Sekadau Yang Ikuti Operasi Katarak Gratis

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Subandrio meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekadau, Sabtu (22/06/2024).

Operasi Katarak gratis ini diikuti sebanyak 100 orang  dari 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau, dimana peserta telah di screening di Puskesmas tiap kecamatan sebelum akhirnya dapat mengikuti operasi katarak gratis di RSUD Sekadau.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Subandrio mengatakan operasi katarak gratis ini merupakan jawaban dari pertanyaan masyarakat dimana terakhir diadakan operasi katarak gratis dikabupaten sekadau pada tahun 2016 lalu, sehingga pemerintah daerah memprogramkan Kembali pada tahun ini menggunakan dana APBD.

“Sejak 2021 Pemkab Sekadau sudah merencanakan program ini, namun pada tahun ini baru dapat dilaksanakan,”Ucapnya.

“Program ini juga berawal dari informasi masyarakat bahwa di kabupaten Sekadau banyak yang menderita katarak dan belum bisa menjalakan operasi katarak karena biayanya mahal,”Tambahnya.

Wabup Subandrio juga menambahkan bahwa Pemkab Sekadau melaksanakan operasi katarak gratis untuk menjamin kesehatan masyarakat karena mata adalah pelita hidup kita

“Untuk warga yang mengikuti operasi katarak gratis ini ada yang muda, ada juga yang tua. Tapi kita prioritaskan para orang tua, terutama yang sudah mengalami katarak sejak lama,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, PP, dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius, mengatakan program operasi katarak gratis ini telah dicanangkan sejak lama. Setelah dilakukan koordinasi dengan para ahli, baru tahun ini program tersebut bisa terlaksana.

“Dalam pelaksanaan operasi katarak gratis ini Pemkab Sekadau menggandeng Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Kalbar,”Ucap Henry.

“Target kita 100 warga, tapi dari screening ada 260 warga dan yang layak dioperasi ada 100 orang,”tambahnya.

Henry berharap operasi katarak gratis ini bisa terus berlanjut. Apalagi program ini langsung menyentuh masyarakat dan Pemkab Sekadau pun berkomitmen melanjutkan program tersebut untuk membantu masyarakat.”

Kami dari Dinas Kesehatan juga mengharapkan masyarakat supaya bersabar karena dalam operasi ini yang menentukan dokter spesialis mata dan yang diprioritaskan mereka yang betul-betul kataraknya sudah matang,”pungkasnya. (MadahSekadau/Sal/Dn/Ht).

The post Wabup Subandrio Kunjungi Langsung 100 Orang Warga Sekadau Yang Ikuti Operasi Katarak Gratis first appeared on sekadaukab.go.id.

Artikel Wabup Subandrio Kunjungi Langsung 100 Orang Warga Sekadau Yang Ikuti Operasi Katarak Gratis pertama kali tampil pada sekadaukab.go.id.