[SALAH] Pidato Anies Baswedan: “Saya Merancang Grand Design Lapangan Banteng Dari Nol”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hoaks berulang. Video yang terlampir merupakan video sepotong yang menyesatkan. Di video asli, Anies Baswedan mengapresiasi kinerja arsitek Yori Antar yang telah merancang grand design Lapangan Banteng dari nol, bukan mengklaim dirinya sebagai perancang Lapangan Banteng.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://web.archive.org/web/20220812100420/https://twitter.com/mahasiswigenz/status/1557000369041207303

Arsip Video:
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2022/08/SnapTwitter_4OtB9t4pyuXKCA1m.mp4

=====

Narasi
“Kalo anies liat ini. Dia pengen mundur sebelum Oktober aja. Dr pd dibully mulu”.
“Ketika ngaku kerja dari nol tapi masyarakat tau kalo itu bullshit”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @mahasiswigenz mengunggah potongan video pidato Anies Baswedan yang terlihat mengatakan bahwa beliau mengklaim dirinya yang merancang grand design Lapangan Banteng dari nol. Di video tersebut juga terdengar teriakan warga yang protes terhadap klaim tersebut.

Cuitan dan video yang diunggah pada 9 Agustus tersebut telah disukai oleh 247 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 100 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi video tersebut merupakan hoaks berulang. Pidato tersebut merupakan sambutan Gubernur Anies Baswedan saat peresmian renovasi Lapangan Banteng pada 2018. Hoaks dengan narasi dan cuplikan video serupa sudah beredar sejak 2018.

Kumparan melalui channel YouTube resmi nya telah mengunggah versi pidato yang lengkap dengan judul “Anies Sebut Yori Antar, Arsitek yang Rancang Lapangan Banteng”. Di video tersebut, dapat dilihat bahwa Anies mengapresiasi kinerja arsitek Yori Antar yang telah merancang grand design Lapangan Banteng dari nol, bukan mengklaim dirinya sebagai perancang Lapangan Banteng.

Hoaks serupa telah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[BENAR] “Tidak Ada Klaim dari Anies Mengenai Merancang Lapangan Banteng dari 0” dan dikategorikan sebagai Klarifikasi.

Dengan demikian, narasi dan video yang disebarluaskan @mahasiswigenz merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=FbOLPSOn8F4

https://turnbackhoax.id/2018/07/27/benar-tidak-ada-klaim-dari-anies-mengenai-merancang-lapangan-banteng-dari-0/