[SALAH] Pesan Berantai “warga china dikasih kesempatan jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur”

BUKAN untuk menjadi PNS di Indonesia. FAKTANYA, yang sedang dibahas di artikel adalah penerimaan PNS di Tiongkok, BUKAN di Indonesia. Selain itu, foto yang digunakan di artikel adalah untuk keperluan ilustrasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp.

NARASI: “Astagfirullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur ! Yaa Allah cabutlah dan runtuhkanlah segera rezim ini”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan artikel “1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat” dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Foto

Sumber foto, Reuters: “FOTO FILE: Pencari kerja memadati bursa kerja di Liberation Square di Shijiazhuang, provinsi Hebei, Cina 25 Februari 2018. Gambar diambil 25 Februari 2018. REUTERS/Jason Lee” (deskripsi foto) [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel yang dibagikan, jpnn.com: “jpnn.com, BEIJING – Sekitar 1,42 juta warga China bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) setempat untuk formasi tahun 2021.” [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] reuters.com: “China meluncurkan lebih banyak langkah untuk mendukung pekerjaan saat virus menyentak ekonomi” (Google Translate Chrome extension), https://bit.ly/3G8vInm / https://archive.md/2My7t (arsip cadangan) & https://archive.md/xDcAi (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[3] jpnn.com: “1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat”, https://bit.ly/3oaUlcJ / https://archive.md/QmAKk (arsip cadangan).

The post [SALAH] Pesan Berantai “warga china dikasih kesempatan jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur” appeared first on TurnBackHoax.ID.