[SALAH] “Laksamana AS Eric Olson ditangkap di #Azovstal#Mariupol“

Laksamana (Purn) Eric Olson mengonfirmasi kepada AFP bahwa dia tidak berada di Ukraina. Foto tersebut dipublikasikan media Rusia sebulan sebelum pasukan Ukraina di Azovstal menyerah di bulan Mei 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter @SemestaTIMELINE pada 16 Mei 2022 mengunggah kolase foto yang memperlihatkan anggota militer yang berjalan di belakang seorang tentara Rusia yang mengenakan rompi dengan huruf “Z” dengan narasi sebagai berikut:

“Laksamana AS Eric Olson (Komandan operasi khusus yang sangat dihormati) lahir di #Tacoma , Wa USA ditangkap di #Azovstal #Mariupol #BREAKING”

Sumber: archive.ph/Croyp (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, adanya kolase foto yang memperlihatkan anggota militer yang berjalan di belakang seorang tentara Rusia yang mengenakan rompi dengan huruf “Z” yang diklaim sebagai Laksamana AS Eric Olson ditangkap oleh Rusia merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya Laksamana (Purn) Eric Olson mengonfirmasi kepada AFP bahwa dia tidak berada di Ukraina. Foto tersebut dipublikasikan media Rusia sebulan sebelum pasukan Ukraina di Azovstal menyerah di bulan Mei 2022.

Dilansir dari AFP, saat dihubungi AFP via LinkedIn, ia mengonfirmasi pada tanggal 24 Mei 2022 bahwa ia tidak ditangkap oleh Rusia.

“Saya pikir ini sudah sepenuhnya dibantah, tetapi sekarang, dengan menerima pesan ini, Anda tahu pasti kalau saya tidak ditangkap oleh Rusia di Ukraina, berarti sinyal ponsel di sel penjara Rusia saya sangat baik,” kata Olson sambil berseloroh. Dia menambahkan: “Tolong terima pesan ini sebagai bukti yang cukup bahwa saya tidak berada dalam tahanan Rusia.”

Terkait foto, menggunakan pencarian gambar terbalik, AFP menemukan foto pertama diterbitkan oleh Sputnik, media yang dikendalikan pemerintah Rusia, pada tanggal 14 April 2022, lebih dari satu bulan sebelum tentara Ukraina di Azovstal, Mariupol menyerah. Diterjemahkan dari bahasa Inggris, keterangan foto itu berbunyi: “Tawanan perang Ukraina menghadiri acara untuk mengenang mereka yang terbunuh di Republik Rakyat Luhansk akibat penembakan pada tahun 2014, di Luhansk, LPR.”

Sementara itu foto kedua berdasarkan hasil pencarian gambar terbalik dan kata kunci menemukan foto kedua muncul dalam tulisan wawancara National Defense University Press (NDU Press) dengan Olson yang terbit di tahun 2010. Angkatan Laut AS dinyatakan sebagai sumber foto tersebut. Foto yang sama juga dipakai dalam laman biografi Olson di University of Notre Dame, di AS.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32BJ87L
http://sputnikimages.com/story/list_264787293/8165245.html
https://ndupress.ndu.edu/Portals/68/Documents/jfq/jfq-56/jfq-56_60-63_Olson.pdf