[SALAH] Helikopter Kibarkan Bendera Cina di Kota Malang

Bukan bendera Cina, pesawat-pesawat helikopter TNI AU terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah.

======

[KATEGORI]; KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: https://archive.fo/KGdHA

======

[NARASI]:

“17 AGUSTUS sebentar lagi
Bendera Cina 🇨🇳 Di Kibarkan Di Indonesia Dengan Helikopter…. Maksudnya Apa Ini ❓
Kalau Di Lihat Dari Lokasi Nya.. Sepertinya Ini Di Jatim Kota Malang.
Yg Tau Lokasi Video 🎥 I I Silahkan Komen Di Kolom Komentar 👇

indonesia #jawatimur #malang

madjimmi

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Afif Kusdianto memposting video yang mengklaim sebuah helikopter mengibarkan bendera Cina dan ditengerai berada di Kota Malang, Jawa timur. Dalam video tersebut terlihat sebuah helikopter mengibarkan bendera berukuran besar berwarna merah dengan tulisan berwarna kuning.

Setelah ditelusuri, dilansir dari viva.co.id, bendera merah tersebut bukanlah bendera Cina melainkan bendera dan panji kebanggaan TNI, yang bergambarkan trimatra TNI. Selain itu, video tersebut juga dibantah oleh akun twitter resmi TNI Angkatan Udara (@_TNIAU)

“Airmen sekalian, beberapa jam belakangan ini beredar video yang menyebutkan ada helikopter membawa bendera China, bendera komunis.

Hal ini tidak benar.

Bendera tersebut adalah lambang-lambang kesatuan TNI, dimana ada lambang Mabes TNI,
@tni_ad
,
@TNIAL
dan #TNIAU. 💂🏻‍♀️” tulis akun twitter TNI Angkatan Udara.

Aksi helikopter membawa bendera besar itu merupakan sebuah latihan yang digelar sejak 2 Agustus 2021 untuk menyiapkan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih berukuran besar di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76.

pesawat-pesawat helikopter TNI AU terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah. Adapun helikopter yang akan turut dalam kegiatan ini adalah pesawat NAS-332 Super Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8.

======

REFERENSI:

https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1392664-otak-soak-bikin-gaduh-helikopter-tni-dituduh-kibarkan-bendera-komunis?page=2&utm_medium=page-2

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-video-helikopter-membawa-bendera-china-hoaks-simak-faktanya.html

https://news.detik.com/berita/d-5670589/6-helikopter-tni-au-bolak-balik-di-langit-bogor-ada-apa

The post [SALAH] Helikopter Kibarkan Bendera Cina di Kota Malang appeared first on TurnBackHoax.ID.