[SALAH] Biden Menyatakan Bahwa Cina Merupakan Negara Unggul dan Tidak Tertandingi

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya foto yang diunggah pada akun Facebook tersebut merupakan foto pidato dari Presiden Joe Biden terkait kemenangannya pada Pemilu Amerika Serikat tahun 2020 lalu. Di dalam pidatonya tidak ditemukan pembahasan mengenai Cina.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]:
archive.vn/6FStI
https://www.facebook.com/groups/1940705386255757/permalink/3135574296768854/

[NARASI]:

“PBB & Joe Biden: China negara Paling maju di dunia tidak ada yang Bisa ungguli mereka dalam segala bidang Apapun 🇨🇳👍”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan sebuah foto dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Di dalam foto tersebut terdapat tambahan narasi klaim dari Joe Biden mengatakan bahwa bahwa Cina merupakan negara unggul dan tidak ada satupun negara di dunia yang mampu menandinginya.

Namun setelah dilakukan penelusuran terhadap kebenaran informasi tersebut, ditemukan fakta itu merupakan narasi yang sengaja dibuat dan ditambakan pada foto Biden. Melalui pengecekan gambar dari Google, foto yang diunggah akun Facebook dengan nama Amira ini merupakan foto Joe Biden saat melalukan pidato setelah dinyatakan menang di mayoritas sektoral pada Pemilu Amerika Serikat akhir 2020 lalu.

Melansir dari media PBS NewHours, tidak ditemukan bahasan apapun tentang Cina yang disampaikan Biden pada isi pidatonya. Pidato Biden saat itu hanya membahas mengenai kondisi politik Amerika Serikat yang saat itu sedang memanas, serta membahas tentang pandemi Covid-19.

Menelusuri kembali terkait foto dengan klaim yang diunggah di Facebook tersebut, tidak ditemukan artikel atau terbitan resmi yang menginformasikan bahwa Biden mengatakan Cina sebagai negara yang unggul dan tidak ada satupun negara di dunia yang mampu menandinginya. Bahkan dalam beberapa artikel ditemukan pernyataan sikap pemerintah di era Biden masih melakukan beberapa kecaman dan penyandungan pada militer Cina.

Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim Joe Biden yang menyatakan bahwa Cina merupakan negara unggul dan tidak ada satupun negara di dunia yang dapat menandinginya merupakan unggahan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://www.defenceconnect.com.au/blog/7573-biden-to-stop-short-of-undoing-trump-s-china-legacy

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210603160811-4-250392/biden-mulai-siapkan-meriam-baru-untuk-china-apa-itu

Editor: Dedy Helsyanto

The post [SALAH] Biden Menyatakan Bahwa Cina Merupakan Negara Unggul dan Tidak Tertandingi appeared first on TurnBackHoax.ID.