[SALAH] Akun Facebook Siber Polri, DOI-Ditsiber Online Indonesia

Hasil Periksa Fakta Ani R

Akun Palsu. Dikonfirmasi langsung melalui akun Twitter resminya, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri (@CCICPolri) bahwa akun Facebook bernama DOI-Ditsiber Online Indonesia dan Ditsiber Online Indonesia-DOI, bukanlah akun resmi Siber Polri.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Tiruan

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/slhJF

=====

NARASI:
Akun Facebook 1: DOI-Ditsiber Online Indonesia

Akun Facebook 2: Ditsiber Online Indonesia-DOI

=====

PENJELASAN:

Ditemukan akun Facebook bernama DOI-Ditsiber Online Indonesia yang bertindak sebagai akun Siber Polri. Dalam akun tersebut beberapa postingannya berisi informasi terkait penangkapan penipuan online.

Tidak hanya akun tersebut, akun Facebook lain bernama Ditsiber Online Indonesia-DOI membuat profil seperti Siber Polri, akun ini mendapat dukungan sebanyak 33.500 likes. Adapun isi postingannya terkait juga dengan penangkapan penipuan online.

Meski begitu, Kedua akun Facebook bernama DOI-Ditsiber Online Indonesia dan Ditsiber Online Indonesia-DOI adalah akun palsu.

Diklarifikasi langsung oleh akun Twitter resmi Siber Polri @CCICPolri, kedua akun tersebut bukan akun asli Siber Polri. Keduanya memakai foto profil dengan logo yang sama dengan logo asli Siber Polri, sehingga nampak seperti akun asli.

Diketahui dalam modusnya, kedua akun palsu mencari korban yang terkena penipuan dan mengiming-imingi korban untuk membantu mereka mengembalikan dananya yang hilang. Namun, akun palsu tersebut meminta bayaran kepada korban namun tidak ada tindakan lebih lanjut untuk membantu korban, dengan kata lain melakukan penipuan.

Dalam aksinya, mereka mengunggah berbagai kasus penipuan online maupun tindak pidana lainnya agar terlihat seperti milik akun asli Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Lebih lanjut, Siber Polri menginformasikan bahwa akun resmi) asli Siber Polri hanya yang terverifikasi dan bercentang biru. Adapun akun-akun aslinya yakni:
Instagram: @ccicpolri
Facebook: Direktorat Tindak Pidana Siber
Twitter: @CCICPolri

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa akun Facebook dengan nama DOI-Ditsiber Online Indonesia dan Ditsiber Online Indonesia-DOI adalah AKUN PALSU, termasuk hoax berkategori Konten Tiruan.

=====
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CWYEaTGvb5c/?utm_medium=copy_link

https://mobile.twitter.com/CCICPolri/status/1460940508411224065

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Akun Facebook Siber Polri, DOI-Ditsiber Online Indonesia appeared first on TurnBackHoax.ID.