Deklarasi Desa Tinting Boyok Sebagai Desa ODF

Sekadau Hulu, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau menggelar Kegiatan Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) di Desa Tinting Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan yang bertajuk stop buang air besar sembarangan (BABS) ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Purkismawati didampingi Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Henry Alpius serta Camat Sekadau Hulu Uden dan Kepala Desa Tinting Boyok Abang Heri.

Acara dimulai dengan prosesi ritual adat penyambutan dan dilanjutkan dengan pemancungan buluh muda dan tari tarian penyambutan khas adat dayak yang dipersembahkan oleh masyarakat Desa Tinting Boyok.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati, Purkismawati mengapresiasi capaian dari Desa Tinting Boyok yang telah berkomitmen untuk dapat mendeklarasikan diri sebagai desa ODF.

“Desa ODF merupakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan atau yang disingkat Stop BABS,” ucap Purkismawati.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari STBM adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, dimana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan 5 pilar STBM.

“Desa ODF merupakan cikal bakal terwujudnya kabupaten yang sehat. Kabupaten sehat dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman dan aman untuk dihuni,” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, setelah dicanangkan sebagai Desa ODF, Desa Tinting Boyok diharapkan bisa menjadi contoh kepada desa-desa lainnya yang belum mendeklarasikan ODF agar bisa menciptakan sanitasi yang bersih, pengelolaan air minum yang higienis, memiliki jamban keluarga mandiri serta menerapkan program-program lingkungan yang sehat lainnya.

Dalam  acara itu juga juga dilakukan penandatanganan prasasti ODF oleh Staf Ahli Bupati dilanjutkan dengan pembukaan tirai STBM dan penandatanganan komitmen bersama dalam melanjutkan 5 pilar STBM pada Desa Tinting Boyok serta diakhiri dengan foto bersama.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Sekadau Martinus Ridi, Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Sekadau Paulus Ugang, Anggota DPRD Sekadau Yosep Sumardi, Ketua TP PKK Kecamatan Sekadau Hulu Forkopimcam Sekadau Hulu para perwakilan SKPD serta para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan masyarakat di Desa Tinting Boyok.(MadahSekadau/Amd/Sal/Ht)

The post Deklarasi Desa Tinting Boyok Sebagai Desa ODF first appeared on sekadaukab.go.id.

Artikel Deklarasi Desa Tinting Boyok Sebagai Desa ODF pertama kali tampil pada sekadaukab.go.id.