Bupati Sekadau Bersama Uskup Keuskupan Sanggau Resmikan Gereja Katolik Hati Kudus Yesu Stasi Serirang

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Bupati Sekadau Aron bersama Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng, CP meresmikan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Stasi Serirang Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Keuskupan Sanggau, Minggu 16 Juni 2024.

Kedatan Bupati Sekadau dan Uskup Keuskupan Sanggau disambut antusias oleh masyarakat Dusun Serirang dengan iring-iringan tarian dayak. Meski cuaca di atas langit saat itu terasa panas tidak membuat semangat Umat Katolik Stasi Serirang surut semangat untuk menyambut kedatangan sang tamu agung Bupati Sekadau dan Uskup Keuskupan Sanggau.

Sebelum bupati Sekadau didaulatkan memancong buluh muda, bupati dan rombongan terlebih dahulu mengikuti proses adat dayak setempat. Seusai prosesi adat dilakukan, dilanjutkan dengan Pemacongan buluh muda oleh Bupati Sekadau sementara injak telur dilakukan oleh Uskup Keuskupan Sanggau.

Acara peresmian tersebut ditandai dengan Penyerahan Kunci oleh Bupati Sekadau kepada Bapak Uskup Keuskupan Sanggau, Pengguntingan Pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Magdalena Susilawati Aron, dilanjutkan dengan pembukaan selubung papan nama Gereja oleh Bupati Sekadau dan Kapolres Sekadau, Penyerahan Kunci Gereja oleh Bapak Uskup Keuskupan Sanggau kepada Pemimpin Umat Stasi Serirang, setelah itu dilanjutkan dengan pemberkatan luar gereja dan dalam gereja, pemberkatan pintu masuk, pemberkatan altar, pemberkatan salib dan pemberkatan kursi imam, setelah semua pemberkatan usai dilanjutkan dengan misa kudus dan penerimaan sakramen krisma kepada 52 orang umat stasi Serirang.

Peresmian gereja katolik Hati Kudus Yesus Stasi Serirang dihadiri oleh ratusan umat dari berbagai stasi dan desa yang ada di lingkungan Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau. Misa kudus berjalan khusuk ditambah dengan semaraknya lagu lagu rohani yang dinyanyikan oleh koor dari Tebelian Mangkang.

Ketua panitia Pembangunan Solihin dalam laporannya mengatakan, gereja Katolik Stasi Serirang dibangun pada tahun 2022 dengan ukuran 316 M2. Lanjut Solihin, jumlah anggaran yang digunakan dalam membangun gereja ini sebesar 800 juta. Dari jumlah tersebut, swadaya umat sebesar 105 juta, bantuan Pemerintah Kabupaten Sekadau sebear 700 juta dan sumbangan dari para donatur.

“Bantuan yang kami dapat dari Pemda Sekadau sungguh sangat luar biasa, demikian pula swadaya dari umat dan para donatur. Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau, terima kasih kepada Bapak Bupati gereja kami akhirnya bisa selesai meski dengan berbagai kendala yang kami hadapi selama proses pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu sambutan Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Martinus CP, meminta umat stasi serirang yang menerimakan sakramen krisma siap menjadi saksi kristus dan selalu setia dengan imannya 100 persen Katolik dan 100 Persen Indonesia.

Pada kesempatan itu juga Pastor Martinus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sekada yang sudah membantu umat katolik di Stasi serirang dalam pembangunan gereja ini. “Terima kepada Bapak Bupati Sekadau yang sudah banyak membantu masyarakat Kabupaten Sekadau dan teristimewa lagi umat Katolik di Stasi Serirang,” ujar Pastor Martin.

Pada kesempatan sama dalam sambutannya, Bupati Sekadau menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten sekadau menyampaikan kepada seluruh Umat Stasi Serirang atas berdirinya Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Serirang dengan harapan gereja yang baru ini dapat meningkatkan semangat hidup menggereja dan dapat menunjang pertumbuhan iman umat.

Dengan diresmikannya gereja ini lanjut orang nomor satu di bumi lawang kuari ini berarti menambah catatan bertambahnya gereja di keuskupan sanggau dan secara khusus di kabupaten sekadau. Menurut Bupati Aron, Pemda Sekadau hampir setiap tahun memberikan bantuan untuk pembangunan rumah ibadah.

Lebih lanjut dikatakan Aron, pembangunan fasilitas rumah ibadah merupakan bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Sekadau dalam peningkatan kualitas keimanan umat. Hal ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memperhatikan kebutuhan rohani masyarakat Kabupaten Sekadau.

Bupati Aron berharap setelah diresmikannnya gereja ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh umat danau raya. “Jangan waktu peresmian saja bagus bgedungnya, tapi setelah diresmikan juga harus tetap bagus. Tolong dijaga dan dirawat gereja ini. tolong diisi juga dengan kegiatan rohani,” pesan Bupati Aron sembari menyampaikan kepada panitia yang sudah bekerja keras membangun gerejani ini hingga keperesmian.

Sementara itu dalam sambutannya Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng mengatakan jadikan gereja ini sebagai tempat umat untuk bertemu dengan Tuhan. “Jadikan Gereja bapak ibu berbicara, berdialok bertemu dengan Tuhan, supaya perjalan hidup kita menjadi lebih baik dari hari kehari karena tantangan kedepan semakin sulit. Gereja ini didirikan  ini dengan tujuan supaya iman umat menjadi menjadi lebih baik,” ujarnya.

Uskup Valentinus juga dalam sambutannya meminta umat agar hidup dalam iman. Teruslah memelihara iman, agar umat selelalu dituntun oleh Tuhan. Lanjut Uskup Valentinus kehadirian gereja di tengah umat melambangkan bukti cinta umat kepada tuhan.

Bagi umat di stasi Serirang yang menerima Sakramen Krisma, Uskup Valentinus berpesan Jadilah Saksi Kristus di mana pun saudara berada sebagai orang Katolik. Sakramen Krisma merupakan tanda kedewasaan iman seseorang. Penerimaan sakramen Krisma melengkapi rahmat pembaptisan, dan menyempurnakan inisiasi. Melalui sakramen Krisma, seseorang diikat secara lebih kuat dan sempurna dengan Gereja serta diperkaya dengan daya kekuatan Roh Kudus

“Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih kepada umat katolik Serirang yang sudah bekerja dengan keras membangun gereja ini. Terima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau, kepada para donatur yang sudah membantu pembangunan Gereja Katolik di stasi Serirang ini” ujar uskup. (MadahSekadau/Ht).

The post Bupati Sekadau Bersama Uskup Keuskupan Sanggau Resmikan Gereja Katolik Hati Kudus Yesu Stasi Serirang first appeared on sekadaukab.go.id.

Artikel Bupati Sekadau Bersama Uskup Keuskupan Sanggau Resmikan Gereja Katolik Hati Kudus Yesu Stasi Serirang pertama kali tampil pada sekadaukab.go.id.