Bupati Aron Letakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Katolik Nanga Suri

Nanga Mahap, Madah Sekadau – Bupati Sekadau Aron meletakan batu pertama bangunan Gereja Katolik Santo Lazarus Stasi Nanga Suri Paroki Santa Maria Bunda Allah Nanga Mahap Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekasdau Sabtu (18/05/2024).

Ketua panitia Pembangunan Yohanes dalam laporannya mengatakan Gereja Santo Lazarus Stasi Nanga Suri akan dibangun dengan ukuran 10 x 22 m³ dan jika tidak ada halangan diperkirakan akan selesai tahun 2025.

DikatakanYohanes jumlah umat di Stasi Nanga Suri sebanyak 65 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 452 jiwa. Seiring bertambahnya jumlah umat sebut Yohanes, gereja lama yang sebelumnya memiliki ukuran 6 x 10 m³ sudah tidak mampu lagi menampung dengan kapasitas yang banyak, ditambah lagi kondisi kapel yang sudah rusak.

Berangkat dari persoalan itu sebut Yohanes umat stasi Nanga Suri bersepakat untuk membangun gereja yang baru dan merubah dari kapel menjadi gereja. “Umat bersepakat untuk bangun gereja yang baru sehingga menjadi tempat yang layak, untuk dana dari swadaya umat di tahun 2023-2024 sudah terkumpul sebanyak 36 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu Pastor Paroki Santa Maria Bunda Allah Nanga Mahap Pastor Rusli, CP Pastor paroki mengungkapkan bahwa pembangunan gereja ini merupakan yang sudah lama dirindukan oleh umat Katolik Stasi Nanga Suri.

“Pembangunan gereja ini sudah lama mereka rindukan. Ini adalah awal yang baik, untuk itu saya sangat memberikan apresiasi atas semangat Umat Nanga Suri.

Lanjut Pastor Rusli, Umat Nanga Suri boleh berbahagia karna boleh mendapat tempat ibadah yang layak. Menurut Pastor Rusli ini adalah awal yang baik. “Apresiasi saya berikan kepada umat di Nanga Suri yang selalu semangat dalam menantikan pembangunan gereja hingga selesai,” ucap dia.

Sementara itu, Bupati Sekadau Aron menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Sekadau sangat mendukung pembangunan tempat ibadah di Kabupaten Sekadau. dan secara khusus Bupati Aron mengapresiasi umat di stasi Nanga Suri yang telah melakukan peletakan batu pertama untuk bangunan gereja Katolik Nanga Suri.

Menurut Bupati Aron, bahwa Gereja ini sebuah kerinduan yang sudah lama diinginkan umat.Disamping itu, Bupati Aron juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, umat dan pastor yang telah memberikan motivasi sehingga bisa dilakukan peletakan pondasi gereja di Nanga Suri.

“Tahun ini kita bangun pondasi gereja ini dan dari 3 tahun jabatan kami, kita sudah banyak bangun rumah-rumah ibadah,” ujar Aron.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Aron menjelaskan bahwa Jalan provinsi dari Nanga Mahap ke arah Sekadau akan dilakukan pembangunan. Tahun ini Kabupaten Sekadau mendapatkan anggaran 36 Milyar untuk pembangunan jalan dari Nanga Mahap ke Sekadau serta dari Rawak ke Sekadau.

“Program IP3K pelan-pelan kita laksanakan. Adapun jalan yang sudah dibangun yaitu ruas jalan 3 Belitang dan Seberang Kapuas termasuk juga ruas jalan Landau Apin. Untuk jangka panjang akses jalan tembus ke ketapang sedang kami rancang kedepannya,” pungkasnya.

Turut Hadir mendampingi bupati, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sekadau ST. Emanuel, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sekadau Handayani, Anggota DPRD Dapil 2 Moloi, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Antonius Aludin, Camat Nanga Mahap Franseda Kepala Dinas Kominfo yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Hartono. (MadahSekadau/Amd/Ht)

Sumber Foto : Boni (Kasubbag Protokol Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten

 

 

The post Bupati Aron Letakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Katolik Nanga Suri first appeared on sekadaukab.go.id.

Artikel Bupati Aron Letakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Katolik Nanga Suri pertama kali tampil pada sekadaukab.go.id.