Bangun dan Kembangkan SDM, BPS Sekadau Gelar Rakor SP2020 Lanjutan

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sekadau menggelar Acara Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk (SP2020) Lanjutan Tingkat Kabupaten Sekadau dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Rabu (25/5/2022).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Mohammad Isa didampingi Kepala BPS Kabupaten Sekadau, Danramil Sekadau Hilir, Perwakilan Kajari Sekadau serta Perwakilan Kapolres Sekadau.

Pada kesempatan tersebut Mohammad Isa menjelaskan bahwa data penduduk merupakan data dasar yang sangat penting untuk mengambil kebijakan di berbagai bidang. Tidak hanya melihat dinamika demografi, tetapi bisa dipakai untuk menghitung kebutuhan pangan, kebutuhan jumlah sekolah atau guru serta kebutuhan sarana kesehatan seperti rumah sakit jumlah tenaga medis.

Sensus Penduduk 2020 Lanjutan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Sensus Penduduk 2020 yang rutin dilakukan setiap 10 tahun sekali. Untuk menghasilkan data-data terkait parameter demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi serta informasi penting lainnya guna menghasilkan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan RPJMD bidang kependudukan.

“Tentu saja BPS dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan kementerian dan lembaga, dan turunannya BPS provinsi bekerja sama dengan pemerintahan provinsi dan BPS kabupaten/kota bekerja sama dengan Pemda Kabupaten/kota,” jelas Isa.

Selain itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau tersebut juga menambahkan bahwa untuk mensukseskan pelaksanaanya Sensus Penduduk 2020 lanjutan perlu keterlibatan seluruh komponen tidak terkecuali seluruh penduduk Kabupaten Sekadau.

“Oleh sebab itu Sensus Penduduk 2020 Lanjutan merupakan hajatan atau kegiatan yang kepentingannya demi pembangunan dan pengembangan SDM Kabupaten Sekadau yang lebih baik,” tandasnya.

“Sensus Penduduk 2020 lanjutan ini merupakan kegiatan prioritas Nasional yang termasuk dalam Prioritas Nasional (PN) 3 yaitu meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, , Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta perwakilan dari masing-masing OPD dilingkungan Pemda Sekadau. (MadahSekadau/Amd/AK)

Artikel Bangun dan Kembangkan SDM, BPS Sekadau Gelar Rakor SP2020 Lanjutan pertama kali tampil pada sekadaukab.go.id.